Alat Peramal Gempa

Standar
Alat Peramal Gempa

INDONESIA negeri yang rawan gempa. Kita sering melihat di TV dan mendengar  kejadian gempa seperti di Aceh, Nias, Jogyakarta, Padang dan Papua. Kejadiaannya tiba-tiba. Bumi berguncang hebat, bergetar-getar, dan suara keras yang menandai bangunan ambruk. Instalasi rusak parah.

Kondisi seperti ini   bisa dihindari kalau kita punya alat yang bisa memberitahu kapan gempa akan terjadi. Alat seismograf (alat pengukur gempa) yang dibawa Badan Meterologi dan Geofisika adalah alat untuk mengukur seberapa tinggi kekuatan gempa yang telah terjadi.

Termasuk  memonitor gunung yang mengalami guguran lava, awan panas (wedus gembel), gempa vulkanik dan gempa tektonik, seperti yang saat ini berlangsung di wilayah Gunung Merapi. Dengan begitu masyarakat disekitar lereng gunung bisa menghindar dari ancaman letusan dan mengungsi di tempat yang aman.

Alat pengukur gempa ini tidak sama dengan  alat peramal gempa. Alat peramal gempa memberikan situasi dan kondisi bahwa gempa akan tejadi. Berangkat dari alat itu, kita tahu di daerah mana, tahun berapa, tanggal berapa, dan syukur-syukur bisa tahu jam, menit dan detik. Atau paling tidak kita tahu kapan gempa akan terjadi.

Iman Daryanto pernah dimuat di Jawa Pos 8/6/2006

.

One response »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s