Mbah Marijan V Pak Subandrio

Standar
Mbah Marijan V Pak Subandrio

MBAH Marijan dan Pak Subandrio menjadi sangat tenar. Pekerjaannya sama-sama masalah kegunungapian. Apalagi, sekarang Gunung Merapi lagi giat-giatnya bergejolak. Seperti awan panas (wedhus gembel), gempa multiphase (MP), gempa vulkanik,  gempa tektonik dan lava pijar.

Ada persamaan dan perbedaan pada kedua tokoh tersebut. Persamaannya, mereka meneliti kegunungapian. Perbedaannya, Mbah Marijan adalah orang desa yang bijak, polos dan lugu. Itu tergambar jelas pada wajah dan sikap Mbah Marijan. Sebagai juru kunci yang ditunjuk langsung Sultan Hamengkubuwono IX   dari Keraton Jogjakarta,  Mbah Marijan hafal betul karakteristik Merapi.

Sementara itu, Pak Subandrio masih muda. Setiap wawancara di layar TV, ucapannya terkesan hati-hati. Saat ini dia menjabat sebagai Kasi Gunung Merapi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Jogjakarta. Ketika Badan ini menyuruh penduduk mengungsi, Mbah Marijan memilih bertahan di dusun Kinahrejo, Sleman.

Dari sini, masyarakat melihat tindakan yang kontras. Yang satu mengatakan bahwa puncak letusan Merapi bukan saat ini. Yang lain mengatakan ancaman Merapi terus meningkat. Pada 9 Juni 2006, pak Subandrio  mengatakan telah terjadi luncuran awan panas terbesar selama erupsi Merapi tahun ini.

Melihat keadaan ini, mestinya kita harus bersyukur. Ternyata, Indonesia mempunyai dua cara untuk menghindari letusan gunung. Pertama lewat cara meditasi, seperti yang dilakukan Mbah Marijan. Kedua, lewat pencatatan jarum seismograf yang dilakukan Pak Subandrio (BPPTK).

Oleh: Iman Daryanto dimuat di Jawa Pos (14/6/2006) 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s