Tinggalkan Kebiasaan Utang

Standar
Tinggalkan Kebiasaan Utang

SEBENTAR lagi, kita menerima bantuan utang dari CGI.  Mereka sepakat  untuk memberikan utang ke Indonesia USD 5,4 miliar atau sekitar Rp. 51,3 triliun.

CGI merupakan grup negara donor di bawah pimpinan Belanda yang pernah menjajah Indonesia 350 tahun. Pertanyaan sekarang,  bagaimana mungkin negara yang  pernah menjajah kita mempunyai pemikiran agar rakyat Indonesia hidup sejahtera.?

Saya berpikir anomali, dikalangan negara donor, pasti ada unsur rekayasa agar rakyat Indonesia hidup sengsara. Utang Indonesia terhadap CGI dipaksa terus menerus ada, berapapun jumlahnya. Demikian juga, terhadap lembaga-lembaga donor lain seperti IMF dan Bank Dunia.

Kemisikinaa dan pengangguran masih melanda Bangsa ini.  Problem ini mestinya bisa dibaca negara donor. Dengan demikian, mereka seharusnya  ikut membantu pemerintah mencari jalan keluar.  Tapi, hal tersebut tidak dilakukan. Itu bukti bahwa negara donor lebih mementingkan dirinya sendiri daripada negara yang ditolong.

Jadi menurut saya, mulai sekarang kita tidak usah lagi utang ke luar negeri. Lalu dari mana sumder dana APBN?.  Kita cari sumber dana dari dalam negeri. Pembayaran pajak dinaikkan,  gaji DPR/MPR, menteri, dan pejabat tinggi negara dipotong.

Selain itu, lewat pengeprasan biaya kunjungan pejabat, biaya insidentil, pemakaian sisa anggaran, dan pemotongan utang. Terakhir yang paling penting pejabat kita harus mau berhenti melakukan  korupsi.

Iman Daryanto, dimuat Jawa Pos  

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s