Harapan untuk Anak Genius

Standar
Harapan untuk Anak Genius

TERNYATA anak-anak Indonesia menunjukkan prestasi yang mengagumkan. Bukan karena lulus UNAS (Ujian Nasional), tetapi mereka berhasil meraih medali emas di ajang Olimpiade Fisika International (OFI) Ke- 37 di Singapura. Perhelatan dimulai 8 Juli dan berakhir pada 16 Juli 2006. Medali emas direbut empat siswa SMA. Dan, satu perak diraih siswa SMP.

Hal ini menunjukkan bahwa prestasi remaja kita patut diacungi jempol. Memang dalam satu sisi, siswa kita terlibat dalam perkelahian masal, pergaulan bebas, dan sindikat narkoba. Mereka suka berhura-hura, tanpa kemauan bekerja keras  dalam memperjuangkan hak-haknya, malas belajar sehingga dicap siswa bodoh. Pemerintah secara tidak langsung mengakuinya.

Ini dibuktikan hasil tes Unas kemarin. Saat pemerintah menerapkan passing grade (kelulusan siswa) lebih rendah dibanding dengan Malaysia dan Singapura.  Malaysia menerapkan passing grade 6, sedangkan Singapura 8. Bandingkan dengan Indonesia yang hanya menerapkan 4,5. Walaupun hanya 11% tidak lulus, niat baik pemerintah untuk menaikkan passing grade patut didukung.

Namun, ada minoritas siswa yang tergolong genius. Ini membuktikan bahwa tidak semua siswa Indonesia bodoh. Dalam lomba kecerdasan otak yang diikuti  oleh 86 negara dan 384 peserta mereka berlomba atas nama negara dalam mengadu kecerdasan otak dengan peserta negara lain. Hasilnya, lebih unggul otak pelajar kita kendati kita tertinggal dalam ilmu pengetahuan dan teknolgi.

Karena itu, sudah sepantasnyalah pemerintah memberikan beasiswa bagi para siswa tersebut. Mereka perlu dibimbing dan diarahkan sehingga mampu menuju cita-cita yang berguna bagi bangsa dan negara. Pada gilirannya nanti kita berharap dapat mencetak generasi muda yang melahirkan karya besar ala “Albert Einsten” Indonesia.

Iman Daryanto dimuat di Jawa Pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s