Ancaman Somasi Republik Mimpi

Standar
Ancaman Somasi Republik Mimpi

ACARA parodi politik bertajuk Republik Mimpi atau Newdotcom yang disiarkan stasiun Metro TV dikabarkan akan disomasi oleh Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Sofyan Djalil.  Acara tersebut dinilai melecehkan presiden.

Padahal, Presiden Susilo Bambang Yudoyono dan Wakil Presiden Jusuf  Kalla dikabarkan tidak memerintahkan menyomasi tayangan tersebut.  Mereka adalah negarawan sejati, yang tidak takut dikritik.  Asal kritik tersebut benar dan tanpa menyinggung etika kesopanan personal.

Begitu juga mantan presiden yang lain, seperti Gus Dur dan Habibie. Hanya Megawati yang kurang berkesan atas tokoh yang memerankan dirinya di parodi tersebut.

Menurut saya, acara itu berisi kritik kepada tokoh atau peristiwa yang menimpa bangsa ini.  Pernah ada  sautu fragmen yang mengisahkan laporan orang yang tidak punya kepada presiden tentang korupsi. Dengan diiringi sentilan, gurauan, dan berkali-kali mengucapkan kata yang sama seolah tergopoh-gopoh, penonton yang melihatnya tertawa terpingkal-pingkal. Termasuk Presiden si Butet dari Jogja.

Obat mujarab bagi orang sedih ialah tertawa.   Menurut hasil penelitian, tertawa juga bisa membuat orang awet muda dan bahagia. Jadi, tayangan itu lebih bersifat infotainmnet ketimbang pendidikan politik yang sengaja ditambahkan oleh pemrakarsanya.  Tidak ada kesengajaan untuk mengolok SBY (Presiden Susilo Bambang Yudoyono), apalagi melecehkan di depan publik.

Karena itu, jika acara tersebut jadi disomasi, berarti ada sesuatu yang salah dalam cara kita berbangsa dan bernegara. Padahal, UUD 45 dan seperangkat UU di bawahnya mengamanatkan  rakyat bebas berkumpul dan berpendapat. Pasal tentang penghinaan presiden sudah dihapus.

Iman Daryanto, pernah dimuat di harian Jawa Pos (6/3/2007)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s