Nutrisi Saputra Bernafas Lega

Standar
Nutrisi Saputra Bernafas Lega

DAHULU sebelum krisis beras, Departemen Pertanian (Deptan) tidak berambisi untuk melakukan penelitian. Tetapi, begitu krisis dimulai, penelitian Nutrisi Saputra (NS) buru-buru diselesaikan. Seperti keluarnya izin Nutrisi Saputra sejak 1 Desember 2006 lalu untuk berproduksi secara masal.

Apa yang menyebabkan keterlambatan itu?. Menurut dugaan saya,  keterlambatan izin itu dipicu oleh proses penelitian di laboratorium membutuhkan waktu cukup lama. Sampai akhirnya Deptan berfikir tujuh keliling  bahwa NS ternyata tidak termasuk pupuk. Ini dibuktikan bahwa hasil penelitian di laboratorium menyatakan kandungan hara utama di NS hanya C organic (25 persen) dan  unsur lain rendah.  Dengan demikian, NS tidak cukup efektif dan tidak memenuhi syarat minimal sebagai pupuk.

Selain itu, NS tidak termasuk pupuk anorganic. Yakni, pupuk yang harus mengandung nitrogen, fosfor, kalium, seng, boron, tembaga, mangan, dan bahan kimia lain yang mendukungnya. Apapun namanya, pupuk, nutrisi, obat tanaman itu hal yang tidak penting. Yang paling penting bagi masyarakat adalah kualitasnya yang sanggup menghasilkan gabah yang banyak dan pada gilirannya menghasilkan padi yang banyak pula. Termasuk harga padi yang murah  lantaran dibentuk oleh  struktur biaya produksi.  Di antaranya harga NS yang terjangkau oleh petani kita.

Dengan begitu, harga beras murah dengan kualitas bagus dicari banyak  orang. Tetapi, bisakah NS bekerja secara efektif kalau poin-point pendukungnya tidak tercapai. Misalnya, banjir, gempa, tanah longsor, tidak ada petani penggarap sawah, hama tikus, dan seretnya tanah sawah.?

Iman Daryanto, pernah dimuat di harian Jawa Pos (12/3/2007)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s