Penyelesaian Pemukulan Wasit Karate

Standar
Penyelesaian Pemukulan Wasit Karate

SETELAH kasus Ambalat, bergesernya patok lama di Kalimantan Barat, masalah TKI Cheriyati dan Parsiti karena dianiaya majikan, kini terjadi masalah pemukulan wasit karate Indonesia oleh empat polisi Malaysia.  Ada apa dengan  Malaysia.?

Memang, bangsa ini terlalu lemah dalam segala hal. Mulai bidang ekonomi, pertahanan, keamanan dan pendidikan. Hanya unggul dalam jumlah penduduk dan pulau-pulau, termasuk pulau terluar yang memprihatinkan itu.

Kalau tidak ada semangat dari putra-putra bangsa yang sedikit masih ada, bangsa ini akan kehilangan muka untuk menghadapi Malaysia.

Karena itu, salah satu caranya, negara harus melakukan diplomasi pertama secara wajar, meski bangsa ini tidak mempunyai  “bargaining power” yang bisa diandalkan. Tentu lewat Departemen Luar Negeri yang harus bertindak cepat dan tegas menyelesaikan masalah pemukulan wasit.

Apakah wasit tersebut bersalah karena tidak mau menunjukkan kartu identitas?. Atau, apakah polisi Malaysia bersalah karena mengeroyok dan memukul wasit Indonesia dengan membabi buta?. Kita tunggu saja putusan peradilan Malaysia.

Masyarakat mengharapkan upaya bangsa ini cepat berhasil. Seandainya tidak berhasil lantaran sesuatu yang mengganjal dalam penyelesaian, masih ada jalan. Kita lakukan diplomasi kedua. Yakni, menutup sementara Kedutaan Besar Indonesia di Malaysia. Personelnya ditarik kembali ke Jakarta.

Iman Daryanto, pernah dimuat di harian Jawa Pos (1/9/2007) 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s