Kenapa Banyak Koruptor Bersembunyi di Negara Singa?.

Standar
Kenapa Banyak Koruptor Bersembunyi di Negara Singa?.

MUHAMMAD Nazaruddin mantan Bendahara Umum Partai  Demokrat kelihatannya semakin terdesak. Yang semula sebagai saksi kasus suap pembangunan wisma atlet  Sea Gemes 2011 Palembang,  kini dia menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Walaupun terdesak, dia malah bersikap tenang-tenang saja.  Karena Negara yang ditempatinya sekarang adalah  negara yang akan memberikan perlindungan bagi warga negara asing yang sedang bersidang pengadilan Singapura.  Kenapa bisa begitu?

Singapura adalah negara tetangga kita masuk dalam kelompok Negara Asia Tenggara. Kekayaannya lebih tinggi dari negara Indonesia. Kendatipun luas tanahnya hanya sekitar 697 km2, kira-kira sama dengan Jakarta.  Namun kekayaanya melimpah ruah. Bukan berasal dari sumber daya alam yang tersedia, tetapi sebagian income negara bersumber pada uang, investasi, properti, harta dari para koruptor.

Sehubungan dengan itu, kebijaksanaan negara terhadap warga asing patut kita cermati.  Sebagai contoh pengajuan peninjauan seseorang di pengadilan Singapura mengenai status tersangka yang ditetapkan otoritas  Indonesia ada peluang bisa dikabulkan.

Menurut pakar hukum internasioal Universitas Indonesia Prof. Hikmahanto Juwana SH. LLM Phd meragukannya.  Dia mengatakan bahwa Singapura tidak memiliki kewenangan untuk menggugat  kebijaksanaan yang  dibuat pemerintah Indonesia.  Indonesia juga berhak menolak apabila pemerintah Singapura tetap menggugat.(Jawa Pos,3/7/11)

Inilah barangkali yang menyebabkan para koruptor Indonesia termasuk Nazaruddin senang bersembunyi di Negara Singa.

IMAN DARYANTO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s