Berlomba-lomba Mencari Sumber Minyak

Standar
Berlomba-lomba Mencari Sumber Minyak

BARU kali ini, harga minyak mentah dunia mencapai rekor tertinggi, hampir mencapai USD 100.000 per barel.  Kendati demikian, bangsa ini sebagai negara pengimpor minyak dunia belum merasa khawatir. Kenaikan tersebut belum berpengaruh pada keamanan, politik, maupun perekonomian, terlebih terhadap anggaran, di negeri ini.

Namun, pada suatu saat, kalau harga minyak dunia yang terjadi terus seperti sekarang ini, kas negara akan jebol karena tidak mampu membayar subsidi minyak yang tidak tepat sasaran itu. Jalan satu-satunya yang dimiliki pemerintah saat ini adalah menaikkan harga BBM (bahan bajar minyak) lokal.

Dahulu, Indonesia adalah negara pengekspor minyak. Karena bertambahnya penduduk  yang amat pesat, namun tidak diimbangi dengan mencari ladang minyak baru, kini jadilah bangsa ini bergantung pada import minyak.

Apa yang harus diperbuat oleh masyarakat?. Masyarakat tidak usah menunggu keputusan pemerintah tentang hal ini. Daerah-darah yang ingin maju perlu bekerja keras untuk berbuat sesuatu agar mendapatkan minyak. Setiap kepala daerah  dituntut untuk berlomba mempromosikan investasi di daerahnya yang berkaitan dengan sumber alam demi mendapatkan minyak.

Iman Daryanto, pernah dimuat di harian Jawa Pos (22/11/2007) 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s