Menunggu Gebrakan KPK !

Standar
Menunggu Gebrakan KPK !

Menurut data dari Political & Economic Risk Consulatance, Indonesia menempati ranking 110 dengan score 2,8  dari 178 negara yang disurvai tahun 2010.  Memang indek korupsi negeri ini lebih tinggi dari negara tetangga kita yang baru merdeka  Timor Leste.  Tetapi tahun ini mungkin lebih terpuruk lagi.  Karena bukan hanya  persoalan materi korupsi tetapi juga masalah alat pengontrol keuangan negara yang hampir tidak ada.

Bagaimana tidak!  Adanya wacana pembubaran KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) oleh Ketua DPR RI Marzuki Ali.  Tentu saja wacana ini menimbulkan kontroversial dari semua kalangan.  Dewasa ini hampir semua sendi perekonomian disusupi oleh korupsi yang merajalela. Korupsi  telah merusak tata perekonomian dan sendi kehidupan negeri ini.  Sehingga harus diberantas secara luar biasa dengan cara menghidupkan kembali fungsi dan peran KPK .  Bukan malah mematikan.

Tapi sayang,  KPK adalah lembaga adhoc . Artinya suatu saat nanti berhenti dengan sendirinya kalau negara ini sudah bersih dari korupsi. Kalau ada yang mengorupsi uang negara diserahkan kepada polisi dan kejaksaan. Tetapi bukan sekarang.  Sekarang masyarakat masih menunggu gebrakan KPK . Walaupun dalam  pengawasannya  masih ada yang kurang baik.

Seperti, KPK hendaknya bekerja sesuai aturan.  Misalnya, dilarang mengadakan pertemuan dengan orang sedang berperkara. Baik yang dilakukan pimpinan maupun staf .  KPK hendaknya bekerja secara transparan dalam melakukan tugasnya kecuali rencana pencekalan terhadap orang.  Juga dipaparkan kepada publik bahwa suatu perkara masih tahap disidik, atau diselidiki.

Tidak ada pilih kasih. Semua level pejabat yang terlibat korupsi negeri ini wajib diperiksa sesuai aturan yang ada.  Dengan begitu, masyarakat akan merasakan gebrakan KPK ini disemua sektor yang diperiksa. Mudah-mudahan!

IMAN DARYANTO

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s