Mengalihkan Penggunaan Premium ke Pertamax

Standar
Mengalihkan Penggunaan Premium ke Pertamax

SALAH satu alternatif yang diwacanakan pemerintah untuk mengurangi susidi BBM adalah pembatasan penggunaan  premium. Premium yang kita beli nanti dialihkan untuk menggunakan pertamax.

Menurut Wapres Jusuf Kalla, selama  ini yang membeli pertamax adalah pengemudi mobil Volvo, Mercy, dan mobil pribadi yang lain. Sedangkan pengemudi ojek, sepeda motor, kendaraan umum menggunakan premium.

Hal ini berarti secara halus pemerintah memberanikan diri untuk menaikkan harga premium. Padahal, menurut pernyataan Menko Sumber Daya Energi, di negeri ini harga premium tidak akan naik  hingga 2009.

Tetapi, dalam hal ini pemerintah terkesan panik dalam menyelesaikan subsidi BBM. Walaupun mungkin adil dalam pelaksanaannya, jangan dengan mengalihkan konsumen BBM yang biasa menggunakan premium ke pertamax. Kalau ditujukan untuk kendaraan  Volvo dan Mercy, itu mungkin tidak masalah.

Tetapi, kalau ditujukan untuk kendaraan merek Honda, Suzuki, Taruna, Xenia dan lainnya, perlu penelitan lebih lanjut. Di negeri ini, golongan mengenah kebawah rata-rata  punya mobil. Untuk itu, pemerintah  harus cerdas dan bijak dalam mengatasi subsidi BBM.

Iman Daryanto, pernah dimuat di harian Jawa Pos 18/12/2007

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s