Perampingan Parpol Peserta Pemilu 2014

Standar
Perampingan Parpol Peserta Pemilu 2014

MENURUT saya, jumlah ideal partai politik (parpol) peserta Pemilu 2014 adalah sepuluh. Mengapa? Sebab, semakin banyak parpol, masyarakat akan makin kesulitan untuk memilih parpol yang sejalan dengan hati nuraninya. Misal, banyaknya tanda gambar yang harus dipilih, ideologi dari partai, kebijakann ekonomi, dan sebagainya.

Semakin banyak parpol yang ikut pemilu, semakin bertambah bingung pula masyarakat dalam memilih partai yang berkenan. Bahkan, hal itu bisa menjerumuskan mereka untuk mengarah pada sikap tidak memilih (golput).

Di satu sisi, banyaknya parpol berakibat pada tingginya suhu demokratisasi dan biaya demokrasi. Tetapi, di pihak lain, banyak parpol juga  memunculkan masalah-masalah fundamental bagi masyarakat .

Misalnya, korupsi, pengangguran, kemiskinan, susah untuk mendapatkan modal, kenaikkan harga kebutuhan pokok, subsisdi BBM, dan transportasi serta pendidikan yang mahal, yang sampai sekarang  masih mendera bangsa ini.

Oleh karena itu, sepuluh partai yang ikut pemilu pada 2014 sudah cukup untuk menampung aspirasi masyarakat. Tujuh tahun ke depan, peserta pemilu diharapkan menjadi lima partai saja.

Iman Daryanto

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s