Pemerintah Sepertinya Ragu-Ragu

Standar
Pemerintah Sepertinya Ragu-Ragu

Tgl.1 April 2012  nanti pemerintah merencanakan membatasi penggunaan premium bagi kendaraan. Untuk kendaraan pribadi pemerintah mengalihkan dari penggunaan premium subsidi menjadi pretamax. Sedangkan sepeda motor dan kendaraan umum tetap menggunakan premium bersubsidi.

Menurut saya, aturan demikian sungguh sangat memberatkan masyarakat. Siapa yang diuntungkan adanya pemberlakuan pengendara mobil harus menggunakan pretamax. Padahal perolehan pretamax sebagian besar diimport dari luar negeri . Kebijakan ini mengakibatkan memperkaya devisa negara lain, dan pada gilirannya nanti negeri sendiri “mati kaliren” tidak dapat apa-apa.

Oleh karena itu pemerintah sedang menggodok aturan lain dengan cara  menaikkan  harga premium. Kebijakan ini diharapkan tidak memberatkan rakyat.  Walaupun sebenarnya kebijakan ini sama dengan rencana kebijakan semula yakni; pembatasan penggunaan premium. Karena rakyat harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli premium pada harga saat ini.

Yang penting kenaikkan  harga  minyak ini tidak memberatkan kantong masyarakat banyak. Ingat,  di negeri ini, golongan ekonomi kelas menengah ke bawah bisa membeli mobil walaupun mobil bekas.  Pemerintah hendaknya bisa melihat dengan hati-hati sebelum mengeluarkan kebijakan yang tidak mengenakan rakyat.

Seandainya pemerintah, kalau sudah jauh hari ; mempersiapkan infrastukturnya seperti conver kit, menambah terminal bahan bakar gas, maka kebijakan penggunaan bahan bakar gas ini tidak ada masalah. Kita tahu, perut bumi yang kita tempati ini sudah semakin sedikit menghasilkan produksi minyak mentah.

IMAN DARYANTO

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s