Matikan Lampu Ketika Anda akan Tidur!

Standar

tidurSering kali ibu atau bapak kita dahulu ketika kita masih kecil, menyuruh kita mematikan lampu ketika akan tidur. Kitapun sebagai anak, menuruti perintah dari ibu atau bapak tsb. Tidak protes atas perintah mereka. Akhirnya kitapun tertidur lelap dalam kegelapan malam. Tahukah anda kenapa tidur malam lampu harap dimatikan?

Tidur malam selepas kita  bekerja pada siang hari merupakan ketetapan dai Ilahi.  Dibalik ketetapan yang maha agung itu ada penelitian -penelitian tentang tidur malam yang dilakukan oleh orang luar. Sebagai contoh para ilmuwan meyakini bahwa jam biologis dalam diri manusia terdapat pada hipotalamus. Yaitu, bagian otak yang mengatur kebutuhan mendasar seperti rasa lapar, rasa haus, dan hasrat seksual dsb. Jam biolgis itu sendiri diyakini merupakan sekelompok sel-sel saraf yang disebut nukleus suprachiasmatik. Kelenjar pineal yang terdapat  pada hipotalamus bertugas untuk memproduksi hormon melatonin sebagai respon ketika tubuh diliputi kegelapan atau ketiadaan cahaya.

Beberapa peneliti dari Universitas of Arizona menemukan bahwa tidur dengan lampu dipadamkan  bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini akan dipercaya dapat meninggalkan sistem kekebalan tubuh. Para peneliti tsb menyebutkan bahwa ditengah kegelapan malam tubuh memproduksi hormon melatonim yang berfungsi sebagai perisai. Hal ini untuk mengusir berbagai penyakit seperti kanker payudara dan kanker prostat.

Beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa produksi hormon melatonim yang dapat menghambat pertumbuhan  sel-sel kanker jika kita tidur diterangi cahaya. Mereka berpendapat bahwa proses alami yang diatur oleh Allah ini berlangsung di malam hari. Yaitu, ketika kegelapan meliputi tubuh dan menolongnya mempertahankan diri dari serangan agen-agen kanker.

Begitu besar faedah dari mematikan lampu ketika tidur. Walaupun bapak/ibu kita dahulu tidak tahu manfaat yang sebenarnya bagi kesehaan tubuh ini. Kecuali untuk meringankan tanggungan biaya listrk.

Iman Daryanto

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s