Berantas Kencing Manis dengan Puasa

Standar

imagesmanisPenyakit gula yang dikenal dengan sebutan diabities melitus merupakan penyakit yang disebabkan oleh gangguan pada fungsi pankreas. Gangguan ini bisa terjadi karena fungsi pankreas yang tidak dapat memproduksi insulin dalam jumlah memadai. Atau karena sel tubuh gagal merespon insulin dengan baik. Salah satu cara untuk mengatasi diabetes melitus dalam tahap awal adalah dengan cara berpuasa.

Puasa merupakakan cara yang paling mudah untuk menjaga agar kadar gula dalam darah tetap normal. Puasa memberikan waktu istirahat kepada kelenjar pankreas dari tugas rutinnya. Pankres memproduksi insulin yang mengubah gula menjadi materi lain seperti amylase dan lemak yang disimpan di jaringa tubuh.

Ketika anda tidak berpuasa, otomatis semakin banyak makanan yang dikonsumsi dan meningkatkan produksi insulin, pankreas akan mengalami ketegangan dan kelelahan hingga pada akhirnya ia tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Akibatnya, akan terjadi penumpukan gula dalam darah yang semakin lama semakin bertambah banyak hingga akhirnya menyebabkan penyakit diabetes.

Beberapa pusat pengobatan menjalankan terapi penyembuhan penyakit gula dengan menyuruh pasiennya untuk berpuasa selama kurang lebih sepuluh jam setiap harinya. Ini dilakukan selama dua puluh hari pada periode terapi. Setelah itu pasien diminta melakukan pekerjaan ringan yang dilangsungkan selama tiga minggu. Metode penyembuhan ini mendapatkan hasil yang sangat baik karena sebagian besar penderita penyakit gula berhasil sembuh tanpa melibatkan obat kimia sedikitpun.

Berbagai penelitian, seperti Hawaker dan kawan-kawan pada th 1987 menyimpulkan bahwa para peneliti itu memberikan anjuran khusus kepada para pasien agar menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh pada bulan romadhon.

Iman Dayanto

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s